Nama umum Jupiter MX adalah Yamaha T-135. Pertama kali diperkenalkan pada tahun 2005 di Thailand dan Indonesia, kemudian pada bulan February 2006 di Malaysia. Jupiter MX dikenal dengan nama Exciter di Vietnam, Spark 135 di Thailand, CryptonX T-135 di Yunani, Sniper di Filipina dan 135LC di Malaysia.
Pada
awal peluncurannya, Sport Underbone ini telah mengadaptasikan teknologi
motor balap dengan mengandalkan mesin tegak 44 derajat yang power
maksimalnya mencapai 11.33 dk di putaran 8.500 rpm. Mesin yang
berteknologi baru ini selain bisa melaju kencang juga irit dan ramah
lingkungan. Ini dikarenakan Jupiter MX menggunakan forged piston yang
kuat dan tahan gores juga mengandalkan Diasil Cylinder yang anti gores
sehingga masa pakai lebih lama.
Jupiter MX
juga dilengkapi dengan Throttle Position Sensor (TPS) yang memakai
sensor variable untuk mengukur bukaan gas pada bagian karburator.
Sedangkan untuk menjaga suhu mesin bebek sport ini dilengkapi dengan
Radiator Liquid Cooled engine. Dan untuk menjaga gas buang yang agar
ramah lingkungan sport underbone ini disemati Air Induction System (AIS)
yang fungsinya meng-injeksi-kan udara ke lubang pembuangan dengan
tujuan untuk menetralisir kadar emisi gas buang.
Selain
itu motor ini menggunakan knalpot dengan catalytic converter yang
fungsinya untuk membakar bahan bakar yang belum terbakar agar mengurangi
tingkat emisi dengan reaksi kimia sehingga gas berbahaya seperti CO,
Nox, dan HC berubah menjadi karbodioksida dan air. Ini yang menjadikan
Yamaha T-135 bisa lolos uji emisi dengan standard Euro II.
Teknologi-teknologi
baru ini telah diuji dengan menempuh perjalanan sepanjang 50.000 km
dengan tidak ada hambatan. Keunggulan lain dari Bebek Sport ini
dibandingkan dengan motor bebek lainnya adalah mempunyai rangka diamond,
tampilan yang futuristic yang tidak mudah ditelan jaman, diperlengkapi
mono-sock yang tentunya istimewa untuk motor bebek serta bertabur fitur
yang sporty lainnya.